BERITA

Lafadz Bismillahirohmanirohim, Arti dan Keutamaannya

×

Lafadz Bismillahirohmanirohim, Arti dan Keutamaannya

Share this article
Bismillahirohmanirohim

Adapun salah satu anjuran nabi, bahwa ketika sedang akan memulai sesuatu kegiatan, maka ucapkan suatu kalimat yang berbunyi bismillahirohmanirohim. Mengamalkan setiap anjuran nabi Muhammad SAW, merupakan sebuah sunnah yang perlu dijaga dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Selain karena dianjurkan, juga sunnah-sunnah tersebut dapat memberikan sebuah kebaikan dan pahala bagi seorang muslim yang mengamalkannya.

Dengan membaca bismillah, seorang muslim akan melibatkan Allah SWT yang maha suci untuk membantu dan menjaga keselamatan dan kelancaran suatu kegiatan.

Berbeda dengan kalimat Alhamdulillah, bacaan bismillah dilakukan oleh muslim disaat sedang mengawali sebuah kegiatan atau hal lain. Tak hanya itu, bacaan bismillah juga diterapkan pada awal surat-surat dalam al-qur’an.

Adapun contoh penggunaan kalimat bismillah pada kegiatan kehidupan sehari-hari. Seperti, ketika sedang akan makan dan minum, membaca surat al qur’an, akan bepergian, akan mengerjakan tugas dan pekerjaan.Tentunya masih banyak kegiatan lain yang bisa menerapkan kalimat bismillah ini.

Text Lafadz Bismillah, Latin dan Artinya

Bismillahirohmanirohim

Adapun kalimat bismillahirohmanirohim ini, menggunakan lafadz bahasa arab, sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
”bismillahirrahmanirrahim”

Terjemahan : Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Kalimat basmalah tersebut, bisa diucapkan ketika sedang mengawali sebuah kegiatan hari-hari. Pengucapannya pun sangat mudah, tinggal diucapkan 1 kali saja saat mengawali suatu hal.

Keutamaan Membaca Bismillah

Sebagai sebuah kalimat awalan yang paling baik, kalimat basmalah juga sangat penting untuk dilakukan oleh muslim. Ketika membaca dan mengucapkan basmalah seorang muslim akan mendapatkan keutamaan-keutamaan yang akan didapat pada kehidupan sehari-hari maupun dirinya sendiri.

Misalnya, ketika saat mengawali kegiatan di pagi hari, seorang muslim membaca kalimat basmalah, maka keutamaan atau manfaat yang didapat salah satunya adalah muslim tersebut mendapat ampunan atas dosa-dosa kecilnya. Keutamaan tersebut, dijelaskan dalam sebuah hadist berikut:

“Barangsiapa yang membaca kalimat bismillah, maka tak tersisa sedikitpun dari dosa-dosa yang kecil.” (HR. Muttafaqun Alaih).

Adapun beberapa keutamaan mengucapkan kalimat bismillah pada kehidupan sehari-hari, berikut diantaranya:

  1. Diangkat Derajat oleh Allah SWT

Seorang muslim yang mengamalkan mengucapkan basmalah pada setiap kali ia mengawali kegiatan, entah itu makan atau minum air putih. Maka Allah SWT akan mengangkat derajatnya. Derajat disini maksudnya adalah tingkat keimanan pada Allah SWT.

Hal ini disampaikan oleh ustadz Adi Hidayat dalam sebuah video keutamaan kalimat basmalah ini.

  1. Dapat Menghapus Dosa – Dosa Kecil

Seperti yang sudah diketahui dari paragraf sebelumnya, bahwa seorang muslim yang membaca atau mengucapkan kalimat basmalah,  Bismillahirohmanirohim maka dosa kecilnya akan diampuni oleh Allah SWT. Sesuai riwayat hadist yang sudah diketahui sebelumnya.

  1. Dibimbing Dalam Aktivitas

Adapun keutamaan dalam mengucapkan kalimat basmalah, adalah dibimbing dan dilindungi saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Ketika seseorang yang membaca kalimat basmalah ini, maka Allah SWT akan membimbingnya untuk mendapat kelancaran dalam beraktifitas.

  1. Dilindungi dari Kejahatan

Selain itu, kalimat basmalah yang berbunyi “bismillahirrahmanirrahim” memiliki keutamaan yaitu dilindungi dari kejahatan atau segala hal yang buruk. Jadi, saat seorang muslim mengucapkan kalimat bismillah untuk mengawali aktvitas, maka Allah SWT akan memberikan perlindungan dari hal buruk padanya saat aktivitas berlangsung.

Kedua hal perlindungan dan bimbingan pada keutamaan tersebut, disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam sebuah video keutamaan mengucapkan kalimat basmalah di YouTube.

Keutamaan membaca dan mengucapkan kalimat bismilah atau basmalah ini sangat penting untuk dilakukan bagi muslim dan muslimah, karena keutamaan manfaatnya yang sangat baik dan dahsyat.