BERITA

Arti dan Makna Lafadz Bismillah yang Jarang Diketahui Orang

×

Arti dan Makna Lafadz Bismillah yang Jarang Diketahui Orang

Share this article
Lafadz-Bismillah

Sebagai orang Islam, lafadz bismillah bukan kalimat asing. Bacaan ini sudah sering didengar, bahkan dibaca setiap hari. Mulai dari ketika ingin bekerja, beribadah, makan, minum, dan kegiatan lainnya, lafadz ini akan selalu terucap.

Namun, apa makna dan arti di balik bacaan tersebut? Apakah benar jika ada keberkahan dalam setiap pengamalannya. Ayo disimak baik-baik penjelasan yang ada di bawah ini.

Arti Lafadz Bismillah.

Lafadz bismillah bisa diilihat berikut ini.

Lafadz-Bismillah

Latin: Bismillahirrahmanirahim.

Arti: Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Keutamaan Membaca Lafadz Bismillah

Meski lafadz bismillah tergolong singkat, akan tetapi keistimewaannya sangat besar. Inilah yang akan didapat jika terus melafalkan ayat ini.

  1. Sadar Manusia Tidak Bisa Hidup Tanpa Tuhannya.

Manusia sebenarnya adalah makhluk yang lemah. Tanpa Allah SWT, manusia tidak akan bisa apapun untuk hidup di dunia. Makanya, dengan malafalkan bacaan bismillah, itu dapat menjadi alarm atau pengingat bahwa Allah SWT adalah sang penguasa.

Manusia tidak memiliki kendali apapun atas semua hal yang ada di bumi. Semuanya bisa terjadi karena kehendak Allah SWT. Tugas manusia hanya berdoa, beribadah, dan berusaha menjadi versi sebaik-baiknya.

  1. Menghilangkan Rasa Takut

Ketika sedang berhadapan dengan rintangan atau hambatan, bismillah bisa menjadi sumber kekuatan untuk mengatasi keraguan serta ketakutan. Bacaan ini akan menjadi energi yang luar biasa karena ada keyakinan terhadap Allah SWT yang akan menunjukkan jalan.

Mungkin, seringkali manusia akan merasa ragu untuk mengambil langkah. Akan tetapi dengan menyebut lafadz bismillah, insyaallah Tuhan akan menuntun ke jalan yang benar dan lebih baik. Semua langkah akan menjadi ringan karena ridhonya.

  1. Menghilangkan Dosa.

Semua orang pasti memiliki doa. Entah besar atau kecil, tapi tidak ada manusia yang sempurna. Menjadikan bismillah sebagai awal untuk meniti langkah, ternyata mampu menghilangkan atau mengikis doa sedikit demi sedikit.

Sebab, dengan bacaan tersebut, manusia diyakini sudah memasrahkan keadaannya kepada sang pemilik alam.

  1. Menyempurnakan Akhlak.

Manfaat yang keempat adalah mampu menyempurnakan akhlak. Bismillah akan menjadi penunjuk untuk seorang Muslim agar memulai semua tidakannya dengan cara dan akhlak yang baik.

Seperti yang tertuang dalam penjelasan sebelumnya, bismillah sama dengan menyebut nama Allah SWT, yang artinya semua manusia wajib untuk memberikan kasih sayang terhadap sesama makhluk.

  1. Selalu Ingat Kepada Allah SWT.

Allah SWT adalah pusat dari segala kehidupan dan kematian. Jadi, dengan terus mengucap lafadz bismillah, manusia diharapkan mampu mengingat siapa Tuhannya dan bagaimana perlu bersikap.

Semua orang bebas melakukan tindakan apapun. Namun, sekecil apapun itu pasti akan memperoleh balasannya. Baik itu dalam aspek kebaikan maupun keburukan.

Untuk itu, bacaan tersebut diharapkan mampu menjadi penunjuk manusia agar tidak salah memilih langkah. Terlebih semakin tua usia bumi, semakin banyak kejahatan dan kemaksiatan yang muncul.

Sekarang, pilihannya hanya dua. Mau tetap menjadi orang baik? atau memilih menjadi orang jahat yang kelak pasti akan memperoleh siksaan yang pedih. Jangan sia-siakan hidup hanya untuk berbuat kejahatan. Ingat bismiilah, ingat kepada Allah SWT yang selalu sayang kepada hambanya.

Sudah Tahu Arti dan Keistimewaan Lafadz Bismillah?

Setelah membaca penjelasan lafadz bismillah di atas, semoga ada hikmah yang bisa dipetik dan ada rasa syukur yang bisa diucap karena telah menjadi manusia dengan versi yang baik. Belum terlambat untuk menyadarinya, dan belum telat untuk mengakui kesalahan-kesalahan sebelumnya.