NEWS

16 Februari Diperingati Sebagai Hari Apa? Simak Peristiwanya

×

16 Februari Diperingati Sebagai Hari Apa? Simak Peristiwanya

Share this article
16-Februari-Diperingati-Sebagai-Hari

Tanggal 16 Februari diperingati sebagai hari apa? Pertanyaan ini sering terdengar, mengingat setiap harinya terdapat perayaan di seluruh dunia. Adapun peristiwa yang diperingati setiap 16 Februari adalah sebagai berikut:

  1. Hari Tim Tam

Tim Tam merupakan sebuah merek biskuit asal Australia yang pertama kali diperkenalkan pada 1964 oleh Arnott’s. Setiap tanggal 16 Februari diselenggarakan Hari Tim Tam dengan tujuan menikmati biskuit satu ini dengan berbagai cara baru yang kreatif.

Biskuit Tim Tam mulai diproduksi pada 2008. Ketika itu, ada berbagai rasa yang diproduksi. Mulai dari white chocolate, dark mint chocolate, honeycomb, sampai sweet caramel. Seiring berjalannya waktu, rasa tersebut semakin berkembang dan disesuaikan dengan selera konsumen.

  1. Hari Kolangiokarsinoma Dunia
16-Februari-Diperingati-Sebagai-Hari

Peringatan Hari Kolangiokarsinoma diselenggarakan internasional dengan tujuan meningkatkan pengetahuan tentang kolangiokarsinoma, yaitu salah satu jenis kanker yang sangat jarang terjadi. Tak hanya langka, penyakit ini juga begitu mematikan.

Kanker kolangiokarsinoma terjadi pada saluran empedu dan hati. Mereka yang terkena penyakit ini cenderung tidak merasakan gejala apapun. Apabila sudah parah, kondisi tubuh akan menurun drastis yang menyebabkan kematian. Inilah mengapa penting untuk melakukan skrining sedini mungkin.

  1. Hari Inovasi

Amerika Serikat memperingati tanggal 16 Februari setiap tahunnya sebagai Hari Inovasi. Tujuan dari perayaan tersebut adalah untuk menghargai lahirnya berbagai pengetahuan baru yang menjadi faktor kemajuan negara.

Adanya peringatan Hari Inovasi diharapkan mampu memberi motivasi bagi anak muda dalam bereksperimen serta menciptakan hal baru sesuai minatnya. Hal ini dirayakan dengan menggelar perkumpulan pelaku bisnis, para ilmuwan, sampai calon inovator dalam sebuah platform yang sama.

  1. Hari Antropologi Sedunia

Tanggal 16 Februari diperingati sebagai hari apa? Ternyata, pada tanggal ini menjadi peringatan dari Hari Antropologi Sedunia. Perayaan tersebut dimulai pada 2015 oleh The American Anthropological Association (AAA) yang memiliki maksud untuk menyebarkan informasi mengenai antropologi kepada khalayak luas.

Adapun pengertian dari antropologi yaitu ilmu yang membahas mengenai asal usul hingga berkembangnya budaya yang ada pada masyarakat. Dengan ilmu ini, berbagai karakteristik masyarakat pada masa lampau akan dikaji sedemikian rupa.

  1. Hari Almond

Hari Almond Nasional yang diperingati di Amerika Serikat setiap 16 Februari bertujuan mengingatkan mengenai berbagai manfaat serta kandungan nutrisi yang dihadirkan oleh kacang almond.

Selain dipercaya mampu mendukung kesehatan, kacang almond juga dipandang sebagai buah sakral. Salah satunya yaitu ketika pengantin baru Roma Kuno harus disiram menggunakan kacang almond ketika itu dianggap menjadi jimat kesuburan.

  1. Hari Tanpa Makan Sendirian

Perayaan No One Eats Alone Day atau Hari Tanpa Makan Sendirian merupakan peristiwa yang dirayakan setiap tanggal 16 Februari di seluruh Amerika Serikat. Tujuan dari adanya perayaan ini adalah untuk menginspirasi anak muda supaya lebih membuka diri dan tidak lagi melakukan isolasi sosial.

Hari Tanpa Makan Sendirian mulanya dilaksanakan pada 2012 oleh berbagai sekolah di California Utara. Dengan demikian, anak-anak diperkenalkan mengenai kebersamaan serta menekan adanya perbedaan etnis maupun sosial.

  1. Hari Elizabeth Peratrovich

Elizabeth Peratrovich merupakan seorang aktivis asal Alaska. Ia harus mengalami diskriminasi sejak usia dini. Berdasarkan pengalaman hidupnya, Petratrovich bertekad meraih keadilan dengan melakukan berbagai gerakan aktivis.

Peratrovich dan suaminya yang tidak dapat membeli rumah karena ras mereka, menulis surat pada Gubernur. Isi dari surat tersebut yaitu keluhan mengenai diskriminasi yang dialami. Hingga akhirnya, pada 16 Februari 1945, pemerintah mengesahkan rancangan undang-undang mengenai diskriminasi sesuai apa yang diperjuangkan Peratrovich.

Demikian pembahasan mengenai tanggal 16 Februari diperingati sebagai hari apa saja. Ternyata, pada tanggal tersebut terdapat berbagai perayaan yang bersejarah bagi berbagai negara di dunia.