NEWS

Soal Bilangan Berpangkat & Strategi Efektif Menyelesaikannya

×

Soal Bilangan Berpangkat & Strategi Efektif Menyelesaikannya

Share this article
Soal-Bilangan-Berpangkat

Kelas baru akan segera dimulai, materi baru sudah menunggu. Semakin naik kelas, maka materi yang didapatkan pun akan semakin naik tingkat kerumitannya. Salah satunya adalah soal bilangan berpangkat.

Soal-soal tersebut bisa ditemukan dalam pelajaran Matematika. Mendengar kata ini pasti langsung merinding dan berpikir “Pasti Sulit”. Padahal kalau tahu bagaimana trik menyelesaikannya, semua soal bisa terselesaikan dengan mudah.

Apa Itu Soal Bilangan Berpangkat?

Mengambil dari sumber buku “Bunda Jagoan Matematika” karya Siswo Wiratno,dkk, angka berpangkat merupakan bilangan yang harus dikalikan dengan bilangan induk itu sendiri.

Nama lain dari angka-angka tersebut adalah kuadrat. Sebagai contohnya adalah berikut ini:

  • 2 x 2 (22) bisa dibaca dua kuadrat atau dua pangkat dua.
  • 4 x 4 (42) dapat dibaca 4 kuadrat atau 4 pangkat dua.

Contoh angka-angka tersebut berlaku untuk nilai yang lebih besar. Rumusnya sama dan cara bacanya pun demikian.

Tips Menghitung Soal Bilangan Berpangkat

Soal-Bilangan-Berpangkat

Meski tampak sederhana dan mudah, menghitung soal bilangan berpangkat memiliki strategi dan taktik sendiri. Dengan tips ini pengerjaan bisa dilakukan secara mudah dan cepat.

  1. Buat Tabel Bilangan Kuadrat

Tips yang pertama untuk mengerjakan soal bilangan berpangkat adalah buatlah tabel bilangan. Tabel ini bisa berisikan angka-angka menurun ke bawah. Misalnya 1 kuadrat hasilnya 1. 2 kuadrat hasilnya 4, dan seterusnya.

Selain itu, buat tabel dengan nilai angka-angka khusus dan besar. Misalnya angka 1 sampai 10, kemudian 11 sampai 20, dan seterusnya. Atur bagaimana yang paling mudah dan bisa menjadi rumus cepat untuk mengerjakan soal.

  1. Hafalkan Perkalian Dasar

Mengerjakan soal bilangan berpangkat bisa dilakukan dengan cepat serta mudah apabila perkalian dasar sudah hafal. Angka-angka tersebut bisa sangat membantu untuk mengetahui perkiraan hasil.

  1. Perhatikan Kuadrat Khusus

Tips yang ketiga adalah perhatikan kuadrat khusus. Perlu diketahui, bahwa terdapat angka-angka tertentu yang memiliki cara hitung mudah. Angka ini disebut sebagai kuadrat khusus. Ada dua pembagian yakni kuadrat 5 dan 10.

  • Angka 5

    Dalam beberapa perhitungan, kuadrat 5 juga akan menghasilkan angka 5 di belakangnya. Ini tentu dapat dijadikan patokan untuk menghitung nilai-nilainya. Berikut contohnya:

    352 = 35 x 35

    3 x (3+1) = 3 x 4 = 12

    5 x 5 = 25

    = 1225

    • Angka 10

      Sama halnya dengan kuadrat 5, jika pertanyaannya memakai angka 10 maka hasil akhirnya pasti 0. Berikut adalah contohnya:

      • 202 = 2 kuadrat ditambah dua angka nol = 400
      • 402 = 4 kuadrat ditambah empat angka nol = 1600

      Contoh-Contoh Soal Bilangan Pangkat Dua

      Agar lebih memahami serta mahir dalam berhitung soal bilangan berpangkat, inilah beberapa contoh soal yang dirangkum dari beberapa sumber.

      1. Soal 1

      202 – 52 =

      Pembahasan:

      202  sama dengan 20 dikali 20 = 400

      52 sama dengan 5 dikali 5 = 25

      Jadi 202 – 52 = 400 – 25 = 375

      1. Soal 2

      Hasil dari 552 adalah?

      Pembahasan:

      Untuk pertanyaan kedua ini bisa dilihat memakai angka kuadrat khusus, yakni 5. Ayo gunakan cara yang sudah dijelaskan tadi.

      552 adalah 55 x 55

      5 x (5+1) = 5 x 6= 30

      5 x 5 = 25

      = 3025

      Ayo Belajar Soal Bilangan Berpangkat Agar Lebih Mahir

      Sesuai dengan penjelasan di atas, soal bilangan berpangkat sangat mudah dikerjakan, apabila mengetahui trik dan caranya. Pelajari lebih lanjut soal-soal tersebut untuk meningkatkan kemampuan perkalian dan berhitung.